Minggu, 07 Agustus 2011

Sejarah unik kenari






Merupakan jenis burung yang banyak diminati. Selain suaranya yang terbilang merdu, burung kenari juga menghadirkan corak warna dan postur yang beraneka ragam. Hingga saat ini pun jenis-jenis kenari di seluruh dunia masih belum terkuak ke permukaan seluruhnya. Sejarah mencatat bahwa burung kenari berasal dari Kepulauan Canary, Madaire dan Azores. Satu sumber mengatakan bahwa burung kenari pertama ditemukan Oleh Pelaut Prancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad XV. Namun sumber lain mencatat bahwa burung kenari ditemukan pertama oleh bangsa Spanyol.
Serinus Canarius (burung kenari) pada awalnya dikembangkan oleh negara-negara di Eropa seperti Spanyol dan kemudian berkembang di Belanda, Inggris, Jerman, Belgia, Norwegia dan Italia. Karena sangat populernya, burung kenari kemudian merambah ke wilayah Asia seperti Cina, Taiwan, Indonesia hingga ke sebagian wilayah Amerika. Dengan perkembangan yang sangat pesat ini kemudian orang mulai mengenal jenis-jenis kenari baru seperti border, gloster, yorkshire, lanchasire, fancy, norwich dan masih banyak yang lainnya. Bahkan Belanda yang tadinya mengimport kenari dari negara lain saat ini sudah bisa mengekspor, bahkan disinyalir beberpa dari jenis yang telah disebutkan tadi hidup di alam bebas (liar). Penggemar burung kenari sendiri setidaknya membedakan burung kenari berdasarkan 3 kriteria dasar, yaitu:

Kenari warna. Merupakan jenis kenari yang dikembangbiakkan dengan menekankan aspek warna. Kenari warna ini bahkan sengaja dikembangkan dengan tidak terlalu mempedulikan aspek suara dan postur. Jenis kenari warna (color bred). Warna yang banyak diminati seperti: kuning, red intensive, red frost, red mosaic, agate, orange, putih, abu-abu dan masih banyak yang lain.

Kenari postur/type. Terdiri dari jenis kenari yang lebih menonjolkan sisi postur seperti: Border, Yorkshire, Lanchasire (berjambul dan tidak berjambul), Norwich, Scotch Fancy, Belgi Bossu, Crested, Frill (Parisian Frill, Paduan Crested Frill, Fiorino, North/South Dutch Frill), Gloster (gloster tak berjambul dan gloster corona), Cinnamon, Lizard dan lain-lain. Kenari postur sangat diminati karena posturnya yang unik dan menarik, selain itu dapat dijadikan sebagai indukan untuk menyilangkan dengan kenari jenis lainnya

Kenari kicau. Terdiri dari beberapa jenis kenari yang dikembangkan di wilayah Eropa dan Amerika seperti: Waterslager, Spanish Timbrado, Roller, American Singer dan lain-lain Disebut kenari kicau karena memiliki suara dan volume yang terbilang unik daripada jenis kenari lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan poskan komentar anda