Sabtu, 13 Agustus 2011

Anakan Usia 3 minggu Harus Disapih


Piyik - piyik kenari harus dipisahkan ketika indukan sudah mulai menampakan tanda - tanda birahi. Biasanya akan terlihat setelah anakan berusia lebih dari 2 minggu. Pada minggu kedua atau ketiga merupakan waktu yang sangat rawan bagi anakan kenari sebab indukannya bisa saja cepat birahinya. Oleh sebab itu anaknya harus segera disapih atau dipisahkan dari induknya.
Apa pasalnya? ketika indukannya sedang mengalami birahi biasanya sangat sensitif dan cenderung sikapnya agresif pada anakny. Bila sudah begitu si induk akan mematuk - matuk bulu piyiknya hingga rontok.
Bulu - bulu tersebut biasanya akan digunakan untuk pembuatan sarang, karena itu oiyik - piyik harus dipisah ketika usianya mencapai tiga minggu agar bisa terhindar dari situasi yang membahayakan.
Untuk merawat piyik - piyik tersebut memang harus telaten dan sabar karena belum bisa makan sendiri sehingga perlu dibantu penyuapan. Pakan yang diberikan buka jenis pakan utamanya seperti kenari seed tetapi bubur instan untuk bayi manusia.
Caranya, aduk serbuk bubur dengan sedikit air hingga lembek kemudian disuapkan. Alatnya bisa menggunakan pipet atau batang lidi, adonan bubur diberikan setiap pagi, siang dan sore hari.
Memang harus telaten karena penyuapannya dilakukan satu persatu, hal itu dihentikan apabila piyik - piyik sudah menunjukkan tanda - tanda kenyang. Bila kantung makanan di bawah lehernya sudah terlihat terisis penuh dan paruhya tak lagi dibuka berarti piyiknya sudah kenyang.
Pemberian bubur ini dilakukan hingga anaknya bisa makan sendiri, biasanya bisa sampai usianya mencapai 5 minggu. Penyapihan piyik selain demi penyelamatan juga untuk mempercepat produksi.
Ketika anakan sudah dipisahkan, indukya sudah bisa dikawinkan kembali. Dan dalam waktu seminggu , betina sudah bertelur kembali dan dalam waktu dua bulan indukan bisa tiga kali produksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan poskan komentar anda