Kamis, 18 Agustus 2011

Memilih Indukan

Perkawinan silang masing - masing jenis yang dinilai memiliki keunggulan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kenari yang berkualitas, cerdas dan tidak mudah menyuarakan suara bawaan asalnya - yang oleh pemain burung disebut nggelender.
Solusi alternatifnya adalah dengan menggunakan kenari frill sebagai indukan, baik pejantan maupun betinanya. Untuk pasangan bisa dipilih yorkshire, border, waterlager, norwich, fusan atau jenis lainnya yang memiliki keunggulan suara.
Bila peternak menginginkan turunan dengan postur tubuh yang baik baik dan bersuara bagus maka yorkshire bisa digunakan sebagai salah satu indukannya. Kenari jenis ini memang ukurannya lebih besar tapi bentuknya sangat cukup ideal seagai burung penyanyi karena postur tubuhnya ramping dan tegak dengan karakter suaranya besar.
Ciri khas yang dimiliki keturunan yorkshire biasanya di bagian punggung agak bungkuk sementara pangkal ekor bagian bawah memiliki bulu halus yang cukup tebal.Untuk mendapatkan keturunan dengan postur dan suara bagus yorkshire bisa disilangkan dengan border, waterslager, frill, goldvink, norwich atau fusan.
Sementara blackthroat yang sekarang banyak diandalkan sebagai master kenari, membuat penggemarnya ingin menyilangkan dengan kenari. Meski ukuran blackthroat lebih kecil dibanding kenari namun uji coba tersebut ternyata banyak yang berhasil. Hasil silangan ini biasanya disebut blackken.
Balckken merupakan hasil persilangan antara blackthroat jantan dengan kenari betina. Hasil produksinya ternyata cukup bagus dan anaknya mudah di didi, terutama jika masternya menggunakan balckthroat.
Yorkshire bisa pula digunakan sebagai induk bila peternak menginginkan kenari bersuara bagus dan berbulu inda, hanya saja untuk pasangannya sebaiknya memiliki warna bulu yang beraneka rupa seperti merah, hijau, kuning dan putih.
Jika dikawikan maka keturunannya akan berwarna belang, sementara dari segi suaranyatetap akan mewarisi suara yorkshire yang dikenal bening (kristal) disertai beberapa irama lagu lainnya.