Rabu, 17 Agustus 2011

Kisah Pelaut Yang Terdampar

Selama berabad - abad burung kenari dipelihara oleh orang - orang kaya sebagai koleksi yang membanggakan. Karena hanya dimiliki oleh kalangan berpunya, sehingga kenari menjadi status sosial bagi pemiliknya. Jaman telah berlalu namun burung kenari masih banyak yang menggemari. 
Kisah burung kenari terjadi sekitar 1402 M. Ada seorang pelaut perancis bernama Jean de Bethacourt terdampar di kepulauan Canary lalu bertemu dengan seorang gadis pribumi kemudian menikah dan bekerja di bidang pertanian dan perikanan.
Pada suatu ketika dia menemukan kenari liar kemudian dibuatkan kandang untuk diternakan dan ternyat berhasil kemudian dikirim ke spanyol. Dengan demikian, spanyol merupakan negara pertama yang menerima burung kenari. Pada abad 16-17 burung kenari dikembangbiakan di banyak negara.
Perlu diketahui bahwasannya kepulauan canary merupakan kepulauan spanyol terletak tepat dilepas pantai barat laut afrika atau 100 km barat perbatasan antara maroko dengan sahara barat.
Selama zaman kerajaan spanyol, canary menjadi tempat persinggahan utama bagi pasukan spanyol ketika berlayar ke amerika karena angin timur cukup menguntungkan. Kini kepulauan canary menjadi tempat wisata alam yang dikunjungi sekitar 12 juta setiap tahunnya.
Soal burung kenari, dalam lima abad terakhir kenari semakin berbiak dan keragaman kenari sekarang merupakan perkembangan keturunan dari kenari liar (serius canaries . Kini belanda dikenal sebagai negara eksportir kenari terbesar di dunia. Semula belanda mendatangkan dari Inggris, Jerman dan Belgia kemudian kenari tersebut dikawinkan dengan kenari liar dan menghasilkan beberapa jenis diantaranya norwich, scoth fancy, bolder fancy dan london fancy.