Minggu, 21 Agustus 2011

Pasca Ngurak Jangan Lupa Obat kutu

Rontok bulu atau lebih keren dengan istilah moulting kerap dialami setiap burung. Siklus alami burung ini, minimal berlangsung satu kali dalam setahun. Mengkondisikan burung usai rontok bulu, gampang - gampang susah.
Pada saat ngurak, pada ular yang sedang ganti kulit, merupakan saat yang menyakitkan karena satu persatu bulu yang menjadi pelindung tubuhnya dari terpaan sinar matahari atau penghangat disaat kedinginan ,itu tanggal.
Itulah sebab saat ngurak merupakan waktu yang rentan bagi burung karena mudah terserang penyakit. Apalagi di puncak musim hujan dan hawa dingin tanpa perlindungan bulu, huh... betapa tersiksa/
Burung yang sedang ngurak, harus dirawat jauh lebih baik ketimbang dengan perawatan di waktu tidak ngurak. Karena selama ngurak metabolisme burung  meningkat 30% dari biasanya.Karena metabolisme tubuh meningkat 30%, maka kebutuhan akan nutrisi burung juga meningkat dalam hal jumlah ataupun kualitasnya.
Secara normal, rontok bulu atau ngurak dialami oleh semua burung itu minimal satu kali dalam setahun. Agar proses ngurak dapat berlangsung dengan sempurna, sebaiknya kenari tidak dimandikan dan tidak dijemur selama menjalani masa ngurak. Dan akan lebih baik jika diletakkan di ruang yang tenang.
Saat ngurak jangan diangin - anginkan, cukup jemur setengah jam lalu dikerodong dan jangan sering dibuka biarkan si burung mengalami pergantian bulunya  didalam sangkar berkerodong. Juga jangan dimandikan supaya bulunya yang tersisa cepat terlepas, sehingga segera tumbuh bulu baru.
Untuk memenuhi nutrisi burung agar bulu dapat tumbuh dengan halus, kuat dan sempurna, maka setiap hari senin dan selasa dapat diberikan multivitamin yang mengandung asam aminoesensial untuk pembentukan bulu.
Selama kurun waktu ngurak, kenari harus diberi pakan yang berenergi tinggi, yaitu berupa biji niger setiap hari diletakan ditempat pakan tersendiri disamping biji - bijian yang lain. Selain biji -bijian, kenari mutlak diberi sayuran,kroto atau telur rebus setiap harinya dalam jumlah cukup.
Agar volume suara kenari tidak merosot setelah ngurak diberikan suplemen dalam air minum tiap hari rabu dan kamis. Sedangkan suplemen stamina, dapat kita berikan setiap hari jumat dan sabtu guna mencegah keadaan anemia atau kekurangan sel darah merah pada burung yang sedang mengalami masa ngurak.
Jika kondisi sudah pulih dari masa ngurak, secara perlahan dengan jadwal teraturjemur dan umbar satu jam. Sebagai exfood, sayuran jenis selada jadi pelengkapnya, terutama di musim panas. Selingi buah apel merah diberikan seminggu sekali, ditambah 10 butir kroto segar yang bersih sebagai tambahan proteinnya.