Minggu, 21 Agustus 2011

Perawatan Ideal Sang Jawara

Memoles kenari agar merajai lomba ada tiga syarat, yakni memantau mandi jemur yang terukur, memberi menu bergizi serta menyediakan kandang umbaran. Bila anda sabar dan paham dalam melayani kemauannya maka hasilnya sungguh menggembirakan.
Pada umumnya para pecinta kenari mengaggap bahwa dengan membeli bakalan yang bagus maka kemungkinan besar nantinya akan memiliki burung yang layak ditampilkan dalam arena lomba. Namun estimasi tersebut tidak bisa mejadi tolak ukur.
Meskipun bakalan tergolong istimewa tapi kalau tidak bisa memoles ya percuma, artinya tidak selalu bakalan yang bagus akan menjadi burung bagus jika belum melayani kegemarannya serta membuat pola latihan yang benar.
Untuk itu dibutuhkan tiga tahapan yang perlu dilakukan antara lain, pemantauan mandi jemur, pemberian menu bergizi serta menyediakan kandang umbaran.
Mandi jemur, waktunya harus terukur, biasanya cukup menyediakan baskom (cepuk) berisi air kemudian membiarkan sang kenari memutuskan sendiri apakah ingin mandi atau tidak.
Jika kondisi sedang bagustentu butuh mandi begitu juga sebaliknya, sebab kalau kita paksakan dengan cara menyemprot tampaknya amat rawan karena kalau tidak sesuai dengan kebutuhannya malah dirasa menyiksa. Sebab kita tidak akan bisa mengetahui secara tepat bagaimana kondisi tubuhnya. Yang lebih mengetahui burungnya sendiri, soal lain jika hendak mengetengahkan ke arena lomba perlu mencermati birahinya secara tepat. Tingkat libidonya tidak boleh lebih atau kurang. Jika lebih akan cenderung agresif tapi jika melemah akan malas. Maka perlu kemampuan mengamati puncak libidonya dengan tepat dan itu bisa diamati berdasarkan pengamatan sehari - hari.
Misal, jika kenari sedang horny maka perlu dimasukan dalam arena latihan agar gairahnya terlampiaskan. Sebab salah satu maksud dari burung  aat berkicau adalah untuk menarik kaum betina selain unjuk diri pada pejantan pesaingnya. Kalau birahi tetap meninggi maka solusinya dipertemukan dengan betina agar segera melampiaskan nafsunya sehingga kondisinya kembali stabil.
Hal lain yang patut dicermati jia tubuhnya tampak tambun maka kenari cenderung malas bergerak dan malas berkicau. Untuk mengurai bobotnya perlu dilepas dalam kandang umbaran. Dalam tempo sekitar 3 hari, tubuhnya bakal kembali langsing. Dan kelangsingan itulah tipe ideal bagi untuk terjun lomba.
Kiat lainnya jika ingin napas kenari menjadi panjang maka perlu disiapkan dalam  kandang umbaran berukuran 1x3 meter. Dengan bergerak secara bebas maka ruang paru - parunya akan berkembang dan secara langsung berpengaruh pada kemampuan bersuaranya